Young Warriors of the Yang Clan

Desember lalu, selain menghabiskan waktu untuk liburan aku juga nonton satu seri silat yang bagus banget. Sebenernya DVDnya aku udah punya sejak lama tapi nggak sempat nonton, sampai akhirnya aku pinjemin tu film ke Miss Atik. Beberapa waktu yang lalu Atik sms n dia bilang kalo film yang aku pinjemin tu bagus banget n sampe bikin dia nangis. Dan akhirnya setelah DVDku dibalikin aku nonton tu film, dan ternyata yang dibilang Atik bener banget, Young Warriors of Yang Clan bagus banget, aku udah nulis reviewnya di blogku Lovely Natalie in english.
Film ini mengisahkan tentang keluarga Yang yang mempunyai 8 orang anak, 7 laki-laki dan 1 perempuan. Nama dari masing-masing anak mengikuti urutan angka dari bahasa mandarin. Untuk anak laki-laki menggunakan kata "Lang" dan perempuan menggunakan kata "Mei" untuk anak pertama disebut Yang Yi Lang, kedua Yang Er Lang, ketiga Yang San Lang, keempat Yang Shi Lang, kelima Yang Wu Lang, keenam Yang Liu Lang, ketujuh Yang Chi Lang dan untuk anak kedelapan yang satu-satunya wanita disebut Yang Pa Mei. Cerita ini berlatar belakang dinasti Sung yang sedang berperang melawan Liao. Ayah dari keluarga Yang, yaitu Yang Ye adalah seorang Jendral besar yang dihormati oleh rakyat dan disayang oleh Kaisar. Bangsa Liao sendiri dipimpin oleh Jendral Yelu Xie yang sangat berambisi untuk mengalahkan keluarga Yang, dendam ini semakin dalam karena Yelu Xie kalah dalam duel melawan Yang Wu Lang. Persaingan Yelu Xie dengan Yang Wu Lang tidak hanya di medan perang, tetapi mereka juga bersaing untuk memperebutkan hati nona Kuan seorang wanita pembuat senjata. Sebagai kepala keluarga dan seorang Jendral, Yang Ye ditemani istrinya Shi She Hua atau Yang Fu Ren (nyonya Yang) mendidik putra-putranya dengan keras tapi bijaksana, walaupun terkadang Yang Ye seolah-olah terlihat lebih memperdulikan Kaisar ketimbang keluarganya.
Putera-putera Yang juga mempunyai kisah cinta sendiri-sendiri, Yang She Lang yang telah lama hilang di pertempuran melawan Liao waktu masih kecil, kembali lagi ke keluarga Yang melalui penerimaan prajurit dan bertemu dengan seorang tabib bernama Nona Luo, dia harus mengalahkan Pan Bao dalam pertarungan memperebutkan Nona Luo yang akhirnya berakhir dengan kematian Pan Bao di tangan Yang Chi Lang. Untuk menebus perbuatan tersebut Yang Chi Lang harus melarikan diri dari kejaran Pan Ren Mei, ayah dari Pan Bao, pegawai kerajaan yang sangat membenci keluarga Yang, dalam pelariannya Yang Chi Lang bertemu dengan anak perampok bernama Tu Ching Erl yang sedang mencari suami. Sementara itu Yang Liu Lang menghadapi dua orang wanita yang sama-sama mencintainya, yaitu Tuan Puteri Chai dan Pan Yin, anak perempuan dari Pan Ren Mei, dan akibat penolakan Yan Liu Lang, Pan Yin menjadi salahsatu alat untuk ikut menghancurkan keluarga Yang.
Seperti yang dikatakan Atik, cerita tentang keluarga Yang memang mengharukan dan ada bagian-bagian yang bikin nangis, kisahnya mungkin nggak bisa dibilang happy ending karena sebagian besar anggota keluarga Yang terbunuh di perang melawan Liao, yang tersisa hanya Yang Liu Lang, Yang Wu Lang yang akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang biarawan, dan Yang She Lang yang hilang ingatan dan hidup di negeri Liao. Aku nanya ke Atik, bagian mana dia nangis, dia bilang waktu Yang Chi Lang terbunuh dan waktu Yang Pa Mei menanyakan perihal kakak-kakaknya. Duh, kayaknya aku udah kasi spoiler buat yang belon nonton yah.... :p





Sebenernya cerita tentang keluarga Yang aku sudah tau sejak aku masih kecil, kalo ga salah waktu masih SD, maklum kedua or-tu ku terutama papiku juga wuxia mania. Dari kecil aku udah dicekokin film-film silat dari yang nggak ngerti ceritanya karena waktu itu baca aja masih belon lancar sampe ngerti dan mulai pilih film sendiri di persewaan, dan sampai akhirnya udah gedhe aku ulangin lagi nonton film-film yang dulunya aku ga mudheng ceritanya.
Versi lama cerita tentang keluarga Yang kalo ga salah diproduksi oleh TVB kira-kira tahun 198? dengan judul Yang's Saga, dan dimainkan oleh bintang-bintang yang terkenal pada masa itu kayak Andy Lau, Tony Leung, Felix Wong, Miu Kiu Wai, Chow Yun Fa, Maggie Cheung, dll, perbedaannya dengan yang versi diatas adalah di versi lama ada intervensi dari khayangan (dewa dan dewi) dan mungkin perbedaan bahasa versi yang aku tonton dulu didubbing bahasa Inggris, tapi kayaknya bukan terjemahan dari bahasa Mandarin, melainkan bahasa Khong Hu atau yah sejenis itu lah..... dan hanya terdiri dari 3 seri (dalam bentuk video kaset beta) sedangkan versi terbaru terdiri dari 43 seri. Aku sempat baca di forum diskusi tentang Yang's Saga dan banyak yang bilang bahwa serial itu sungguh terlalu singkat.
Selain itu ada juga versi tahun 2004 yang dibintangi oleh Alec Su, sebenernya aku ada DVDnya, tapi waktu nonton di awal-awalnya ternyata nggak sebagus yang 2006. Di versi 2004 kayaknya hanya fokus pada Yang She Lang yang diperankan Alec Su, dan penggambaran tentang Yang Ye nggak sebagus di versi 2006, ini pendapatku sih dan terusterang aku jadi agak males nontonnya, seandainya aku nonton yang versi 2004 dulu mungkin lain cerita. Cerita tentang keluarga Yang ini dilanjutkan dengan sequelnya, kalo nggak salah judulnya Yang Heroine, tapi aku males nontonnya karena pemerannya kebanyakan cewek, yaitu para janda dari Yang bersaudara. Yang bikin aku seneng nonton serial ini juga adalah pemain-pemainnya yang cakep-cakep, sebelumnya aku nonton Legend of The Condor Heroes versi 2008 yang dibintangi Hu Ge dan Ariel Lin. Sebagian dari pemain LOCH juga bermain di serial ini. Hu Ge sebagai Yang Liu Lang, Justin Yuan sebagai Yelu Xie, dan beberapa pemain lainnya. OK, ini pendapatku tentang serial ini, mungkin ada pendapat lain ato ada yang tertarik untuk nonton, sebelumnya buat yang belum nonton, sorry for the spoiler.

Comments

  1. saya juga sudah pernah nonton film ini tetapi judulfilm yang saya nonton dalam versi berbeda tetapi alur ceritanya agak mirip judulnya "Warrior of The Yang Clan" ada 33 CD, isi film ada yang mengharukan, lucu,tegang,seru, ada penghianatan,kesetiaan,namun tetap asik untuk ditonton.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hari gini ga punya blog ?????

Hati-hati Isi Pulsa Dengan Klik BCA