Mengganti Icon Blogger URL

Photobucket
Sejak menikmati blogging aku tertantang untuk bikin blog lebih bagus dan lebih bagus lagi, misalnya dengan menambah widget, menambah aplikasi Live Traffic Feed, dan juga mengganti icon Blogger dengan gambar lain. Pertama aku coba di blogku Lovely Natalie dan karena narsis mode lagi ON, aku ganti dengan fotoku. Kemudian aku coba di blog ini, tetap icon Blogger aku ganti dengan fotoku, tetapi dengan menggunakan effect scrolling text, setelah browsing aku mengetahui bahwa icon pengganti itu disebut Favicon atau Favorite Icon. Sekarang aku ingin bagikan caranya.
  1. Pilih gambar, bisa foto, atau bisa juga create via photoshop yang kamu pilih sebagai faviconmu.
  2. Rubah gambar yang kamu pilih menjadi icon, terdapat beberapa situs yang bisa membantu membuat gambar kita menjadi favicon, salahsatunya di http://www.html-kit.com/favicon/
  3. Upload gambar yang dipilih, kemudian klik generate FavIcon.Ico
  4. Setelah dipreview dan udah sreg tinggal di download ke komputer
  5. Untuk memasukkan ke blog, bisa menggunakan Image hosting seperti Photobucket, Imageshack, dll, upload Icon yang kita pilih ke Image hosting, dan kita akan dapat kode htmlnya
  6. Login ke blogger, pilih setting, template, lalu edit html
  7. Masukkan kode html dari gambar setelah <head>kode FavIcon</head> pada case blogku, aku memasukkannya sebelum </head> dengan format :
    • <link href='URL FavIcon' rel='shortcut icon'type='vnd.microsoft.icon'/>
    • Apabila kita menggunakan File PNG :
    • <link href='URL FavIcon' rel='shortcut icon'type='image/png>
    • Apabila kita menggunakan File GIF :
    • <link href='URL FavIcon' rel='shortcut icon'type='image/gif>
  8. Pilih Preview
  9. Save Template Change
Tips ini untuk pengguna Blogger, sedangkan untuk Wordpress sedikit berbeda (tunggu updatenya).
Semoga Bermanfaat :)
Technorati Tags: , , , , , , , , , ,



Comments

  1. kak kalau blognya pakai winpress itu codingnya beda ma yang pake wordpress tho kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hari gini ga punya blog ?????

Hati-hati Isi Pulsa Dengan Klik BCA

Young Warriors of the Yang Clan