Mahabharata




Waktu pulang kemaren nyokap ngajakin aku jalan-jalan ke toko buku Gunung Agung Semarang, sebenernya aku nyari buku karangan dari Jules Verne, tapi ternyata aku ga nemu buku dari Jules Verne. Agak susah cari buku dari Jules Verne, karena kebanyakan ditulis lagi dalam versi untuk anak-anak, dan akhirnya disitu aku beli buku roman yang terkenal yang ditulis oleh C.Rajagopalachari, yaitu Mahabharata. Ceritanya bagus banget sampe aku hampir ga bisa berhenti baca, dalam 2 hari buku setebal kira-kira 500 halaman itu sudah hampir habis aku baca, dan sekarang setelah buku itu bener-bener habis aku baca aku pengen share dikit tentang cerita ini. Mahabharata mengisahkan tentang perang antara tokoh yang sudah terkenal, yaitu Pandawa, 5 bersaudara laki-laki yang terdiri dari Yudhistira (Dharmaputra), Bimasena, Arjuna dan si kembar Nakula dan Sadewa, mereka adalah anak-anak dari Pandu atau Puntadewa dengan Kunti dan Madri melawan sepupu mereka sendiri, yaitu bala Kurawa anak dari Destarata, yaitu Duryudana dan saudara-saudaranya dibantu oleh Kresna yang juga adalah anak pertama dari Kunti.
Karena dendam Duryudana kepada Pandawa, Duryudana mengajak Yudhistira untuk bermain dadu dengan taruhan kerajaan Indrapasta, Yudhistira yang suka bermain dadu, tetapi tidak pintar bermain maka dia kehilangan segalanya sampai mempertaruhkan isteri Pandawa, yaitu Drupadi. Sebagai akibatnya Pandawa harus mengasingkan diri selama 13 tahun. Di akhir masa pengasingannya Pandawa bergabung di kerajaan Matsya yang dipimpin oleh Raja Wirata.Yudhistira menjadi sanyasin (orang yang telah memutuskan meninggalkan dunia beserta isinya) dan menjadi pelayan pribadi Raja Wirata. Bima menyamar menjadi juru masak istana, Arjuna menggunakan kutukan yang dibrerikan Urwasi menjadi seorang banci dan menjadi pelayan para wanita di istana (dia dikutuk karena menolak asmara Urwasi, dan untungnya berkat Batara Indra kutukan itu hanya berlaku selama 1 tahun dan dia dapat memilih kapan dia akan menjadi banci). Nakula bekerja sebagai perawat kuda istana dan Sadewa menjadi penggembala ternak Wirata. Sedangkan Drupadi menyamar sebagai sairandri, pelayan permaisuri raja. Masa pengasingan 13 tahunpun tidak menghapus dendam dari Duryudana dan bertekad tidak akan memberikan sejengkal tanahpun kepada Pandawa, begitu pula dari pihak Pandawa yang juga menyimpan dendam karena penghinaan yang dilakukan Dursasana terhadap Drupadi.
Dalam buku ini banyak sumpah yang sudah diucapkan dan banyak takdir yang sudah digariskan. Buku ini menceritakan kisah-kisah kepahlawanan, dan persaudaraan juga bagaimana rasa iri membawa kepada kehancuran. Buku ini menceritakan kisah persaudaraan dan persatuan dari Pandawa sampai pada akhir hayat mereka. Di Jiffest kemaren diputar film garapan Miles dan Riri Riza yaitu Drupadi yang dibintangi Dian Sastro dan Nicolas Saputra, sayang banget aku nggak sempat nonton filmnya, dan aku cari dimana aku bisa dapet film itu tapi belon nemu sampai sekarang, denger-denger Drupadi mau diputer di 21 sih, tapi nggak tau kapan, dan aku denger film ini juga menuai kontroversi, gak hanya karena mengangkat cerita tentang Drupadi yang belpoliandri, mempunyai 5 suami tetapi juga kontroversi dari pihak umat Hindu, persisnya sih gw ga tau, tapi yang penting gw pengen banget nonton ni film.Duh, ada yang tau gimana aku bisa dapet/nonton film tersebut ? Kalo ada info, please let me know.....thank you !!!
Technorati Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments

Popular posts from this blog

Hari gini ga punya blog ?????

Hati-hati Isi Pulsa Dengan Klik BCA

Young Warriors of the Yang Clan